Cara Setting Font Arab pada Komputer

Sebenarnya font Arab pada web ini adalah Traditional Arabic. Menurut saya, font ini adalah font yang paling jelas untuk dibaca. Akan tetapi, jika Anda merasa bahwa font arab pada web ini dan el-arabic tidak mudah untuk dibaca, misalkan harokatnya terlalu dekat dengan hurufnya, maka itu mungkin karena komputer Anda belum disetting. Berikut cara setting komputer agar tampilan font Arab di komputer Anda lebih jelas, sekaligus Anda bisa mengetik font Arab.

1. Masuk pada “Control Panel” dan klik pada “Regional and Language Options”

2. Klik pada tab “Languages”

3. Centang “install files for complex script and right-to-left languages(including Thai)”.
Setelah itu, klik tombol “Apply”.
Beberapa komputer akan dimintai CD OS. Maka siapkanlah CD OS Anda.
Jika ingin reboot, silakan reboot. Tapi kalau tidak ingin reboot, mari kita lanjutkan.

4. Klik tombol “Details..”

5. Klik tombol “Add..”

6. Lalu pilih “Arabic [Saudi Arabia]”

7. Klik tombol “OK”

8. Selesai…

Tampilan komputer Anda akan berubah setelah Anda merestart komputer Anda..

 

 

Untuk mengetik font Arab, coba tekan tombol Alt+Shift secara bersamaan.

Perhatikan gambar berikut ini.

Disebelah pojok kanan bawah terdapat “EN”. “EN” artinya English. Yang berarti keyboard Anda akan menuliskan huruf Inggris.

Setelah tekan Alt+Shift maka “EN” akan berubah menjadi “AR”.(Kalau belum “AR”, coba pencet lagi sampai jadi “AR”.hehe). Seperti gambar di bawah ini.

Setelah itu, coba ketik ke word. Maka keyboard Anda akan mengetik huruf Arab, insyaallah…

Selamat mencoba..

Categories: Uncategorized | Tags: , , , , , | 8 Comments

Post navigation

8 thoughts on “Cara Setting Font Arab pada Komputer

  1. di hp android saya, jika saya pake opera mini, harokat dari font arab tidak ada. Tapi jika saya buka mozilla, lumayan. harokat ada dan bisa terbaca dengan mudah. wallahualam

  2. ane coba mengikuti petunjuk diatas, tp pas point 6..g ada pilihan Arabic/saudi arabianya. Ada link buat download font arabic ga?sudah coba googling belum nemu yang pas.jzk

    • afwan. Gambarnya sudah ane perbaiki. Mungkin setelah lihat gambar di atas, ketemu.

      Kalo link internet download font, afwan ane tidak tahu. font arab yang ane pakai font “Traditional arabic”

      • iya jzk sudah lebih jelas petunjuknya…tp masalahnya di kompi sini pas m milih di input language pilihan Arabic tidak ada. kata OC sini harus download fontnya dulu..nah font arabicnya ini saya bingung m download yang mana..sudah coba download font arabnya tp tetep pilihan bahasa arab nya tdk ada.

  3. langkah 3 sudah benar belum? kemungkinan di langkah 3 ada yang kurang.

  4. sudah..dari awalnya memang sudah dicentang di “install files for complex script and right-to-left languages(including Thai)”. Saya coba apply lagi kompi nya g minta CD OS jadi langsng k step berikutnya z kan?

  5. faiz

    wah kalo di pc ane di launge arabic nya kok ga ada gan, jd hrs gmn gan?

Leave a comment

Create a free website or blog at WordPress.com.